Para prajurit TNI AD Kodim 1804/Kaimana membangun tiga unit rumah warga tipe 36 berukuran 6x6 meter persegi dan pengerasan jalan setapak sepanjang 200 meter di Kampung Pigo, Distrik Teluk Arguni, Kabupaten Kaimana, Papua Barat.

"Pembangunan rumah warga dan jalan setapak di Kampung Pigo itu merupakan bagian dari kegiatan fisik program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114," kata Komandan Kodim 1804/Kaimana Letkol Inf Chairi Suhanda, di Kaimana, Jumat.

Selain rumah dan jalan setapak, selama satu bulan kegiatan TMMD terhitung sejak 26 Juli hingga 24 Agustus, para prajurit TNI juga membangun fasilitas olahraga di kampung itu berupa lapangan voli dan pembuatan tempat pengambilan air bersih.

Adapun kegiatan nonfisik yang dilakukan berupa penyuluhan, pelayanan kesehatan dan lainnya mendapat sambutan positif dari seluruh masyarakat Kampung Pigo.

Kepala Staf Kodam XVIII/Kasuari Brigjen TNI Yusuf Ragainaga saat menutup secara resmi kegiatan TMMD di Kampung Pigo langsung memberikan kunci rumah yang telah selesai dibangun ke Sekretaris Daerah Kaimana Donald R Wakum untuk selanjutnya diserahkan kepada warga yang berhak untuk ditempati.

"Kegiatan TMMD ini diharapkan jadi momentum meningkatkan kebersamaan dan gotong-royong serta kemanunggalan antara TNI dengan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat," kata Brigjen Ragainaga.

Kebersamaan dan sinergi yang terjalin selama satu bulan kegiatan TMMD di Kampung Pigo, katanya, hendaknya terus ditingkatkan.

Kasdam Kasuari mengatakan jajarannya siap setiap saat untuk membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan di kampung-kampung terpencil dan terisolasi.

Dia juga meminta warga Kampung Pigo untuk menjaga dan memelihara semua fasilitas yang telah dibangun agar memberikan manfaat kepada masyarakat setempat.

Harapan serupa disampaikan Sekda Kaimana Donald Wakum dengan mengatakan bahwa semua fasilitas yang ada harus dijaga dan dirawat untuk kebutuhan warga sendiri.

"Jaga dan rawat dengan baik agar dapat digunakan untuk waktu yang lama, demi keberlangsungan hidup keluarga dan seluruh masyarakat," kata Wakum.
 

Pewarta: Isabela Wisang

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022