Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan Manokwari membutuhkan tambahan armada bus untuk digunakan anak sekolah maupun masyarakat umum yang memerlukan angkutan.
 
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan Manokwari Yosep Mandacan di Manokwari, Senin, menyatakan bus tambahan yang dibutuhkan mencapai dua unit. Selama ini hanya ada 7 unit yang beroperasi.
 
"Dari tujuh itu, ada enam yang dipakai untuk anak sekolah dan sering juga dipakai  masyarakat umum. Hanya satu yang kadang digunakan untuk keperluan kantor," kata Yosep.
 
Penambahan bus dinilainya perlu untuk mengantisipasi tabrakan jadwal pengantaran anak ke sekolah dan keperluan masyarakat umum.
 
Yosep menyebutkan sejauh ini belum ada juga bus yang beroperasi untuk digunakan umum, utamanya dalam kota. Bus dalam kota diperlukan agar masyarakat memiliki opsi transportasi jika terkena macet.
 
"Belum tahu butuh berapa sebenarnya tapi kami berharap ada dua tambahan bus. Nanti disesuaikan kebutuhan apakah semua untuk anak sekolah atau salah satunya digunakan untuk umum," ungkap Yosep.
 
Bus yang ada di Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan Manokwari digunakan hanya untuk mengantarkan anak-anak sekolah sedangkan untuk pulang, Yosep menyebut hal itu tanggung jawab orang tua maupun anak itu sendiri.

Pewarta: Rachmat Julaini

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022