Organisasi masyarakat Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat menggelar turnamen sepak takraw dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI.

Ketua Panitia Turname Sepak Takraw KKSS Teluk Wondama Nursalim di Wasior, Kamis, mengatakan kegiatan itu diikuti 12 tim dimaksudkan untuk memupuk rasa persaudaraan dan persatuan diantara warga Teluk Wondama dari berbagai latar belakang yang bebeda.

Sementara Ketua KKSS Teluk Wondama Rusman Latief menyebut turnamen sepak takraw merupakan bentuk kontribusi warga Sulawesi Selatan  dalam menyambut dan memeriahkan HUT ke-77 RI.

Sebelumnya KKSS telah menggelar berbagai kegiatan hiburan seperti panjat pinang dan lomba tangkap belut.  Rencananya akan dilanjutkan dengan lomba lari karung dan makan kerupuk untuk anak-anak.

"Ini sumbangsih warga KKSS. Kami warga KKSS akan siap mendukung semua pogram pemerintah daerah, juga dari aparat keamanan," kata Rusman yang pernah menjabat Kapolsek Wasior .

Rusman menilai olahraga sepak takraw belum populer di Wondama sehingga melalui turnamen tersebut sepak takraw semakin dikenal luas oleh masyarakat setempat, terutama warga asli Papua.

Sejauh ini takraw memang masih kalah populer dari cabang olahraga lain seperti sepakbola, bola voli, bulutangkis dan lainnya yang sudah dikenal luas masyarakat Wondama.

"Harapan kami ke depan bisa ada piala bergilir supaya ada pertandingan takraw secara rutin," kata Rusman.
 
Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor bersama jajaran Forkopimda foto bersama dengan 12 tim yang mengikuti turnamen sepak takraw dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 RI di Kabupaten Teluk Wondama. (ANTARA/HO-Zack Tonu B)

Turnamen sepak takraw yang diselenggarakan warga KKSS dibuka secara resmi oleh Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor pada Kamis (18/8) petang.

Bupati Mambor mengapresiasi inisiatif KKSS dalam memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan positif termasuk turnamen sepak takraw, semata-mata untuk meningkatkan keakraban dan persaudaraan sesama anak bangsa.

Mambor menyatakan setuju turnamen takraw digelar secara rutin untuk lebih mempopulerkan olahraga tersebut di kalangan masyarakat Wondama.

"Tahun depan ada piala bergilir supaya bisa berjalan terus. Jangan tahun ini ada kemudian tahun depan berhenti," ujar orang nomor satu Wondama itu.

Pembukaan kegiatan turnamen sepak takraw tersebut dihadiri Wakil Bupati Teluk Wondama Andarias Kayukatuy, Kapolres Teluk Wondama AKBP Yohanes Agustiandaru serta Dandim Persiapan Teluk Wondama Letkol Inf Saheri. 

Pewarta: Zack Tonu B

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022