Pemerintah Kabupaten Kaimana di Provinsi Papua Barat membenahi fasilitas rumah sakit umum daerah (RSUD) guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

"Pelayanan harus tetap diberikan secara maksimal. Kita akan pelan-pelan benahi dan untuk tahap awal kita fokus dulu di air bersih, IGD, dan HCU. Jangan sampai keterbatasan fasilitas menjadi alasan untuk tidak melayani," kata Bupati Kaimana Freddy Thie di Kaimana, Senin.

Bupati Kaimana sudah meninjau fasilitas pelayanan di RSUD Kaimana bersama Sekretaris Daerah Kaimana Donald Wakum.

Meski sarana dan prasarananya masih terbatas, Bupati mengatakan, RSUD Kaimana yang tergolong rumah sakit tipe D dalam kondisi bersih dan tertata rapih.

Pemerintah daerah, katanya, secara bertahap akan melengkapi sarana dan prasarana serta menambah tenaga medis di rumah sakit umum daerah tersebut.
 
Bupati Kaimana Freddy Thie berbincang dengan Direktur RSUD Kaimana dr. Vincensia Thie dan jajaran pegawai rumah sakit. (ANTARA/HO Isabela Wisang)


Bupati mengatakan, pemerintah daerah pada tahap awal akan mengupayakan perbaikan fasilitas penyediaan air bersih RSUD Kaimana.

"Ini airnya bagus dan sangat cukup untuk kebutuhan RSUD. Hanya mungkin mesin dan jaringan pipa penyalurnya yang perlu diperbaiki," katanya.

Bupati meminta dinas terkait segera memperbaiki mesin pompa dan jaringan pipa air di rumah sakit umum daerah.

Sementara itu, Direktur RSUD Kaimana dr. Vincensia Thie mengatakan bahwa rumah sakit umum daerah sedang bersiap menghadapi penilaian untuk peningkatan status dari rumah sakit tipe D ke rumah sakit tipe C.

 

Pewarta: Isabela Wisang

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022