Kalangan dunia perbankan di Manokwari, Papua Barat yang tergabung dalam wadah Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) terus menjalin kebersamaan dan sinergitas untuk membantu pemerintah daerah dalam upaya memacu pertumbuhan ekonomi di wilayah itu.

Deputi Kepala Bank Indonesia Perwakilan Papua Barat Eko Listiyono di Manokwari, Sabtu, mengatakan 15 bank yang ada di Manokwari rutin menggelar pertemuan untuk saling memberikan motivasi.

"BMPD diisi oleh Bank BUMN dan juga Bank Pengkreditan Rakyat (BPR). Kami selalu berkumpul untuk menguatkan semangat dalam proses pertumbuhan ekonomi nasional," kata Listiyono.

Selain kegiatan jalan sehat dan menggelar panggung hiburan, seluruh perbankan penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) ditugaskan untuk menghadirkan UMKM yang menjadi binaannya.

"Kita juga memberikan motivasi kepada UMKM binaan bank, dengan menyediakan tempat bagi mereka untuk memamerkan produk UMKM-nya," jelasnya.

Bank penyalur KUR memiliki tugas untuk melakukan pendampingan kepada debitur dengan melakukan pemantauan usaha secara berkala.

Kepala Cabang BNI Manokwari Danel Kereh mengatakan, kegiatan kumpul bersama seluruh insan perbankan di Manokwari juga dimaksudkan untuk meningkatkan rasa kekeluargaan.

Kegiatan seperti itu, katanya, tidak bisa terselenggara beberapa tahun terakhir karena adanya pandemi COVID-19.

Pewarta: Tri Adi Santoso

Editor : Evarianus Supar


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022