Gubernur Provinsi Papua Barat Dominggus Mandacan meresmikan prasarana olahraga atau sport center Universitas Papua (UNIPA) berstandar nasional, Senin di Manokwari yang akan dikelola sebagai aset Barang Milik Negara atau BMN.
 
Gubernur berharap, sport center UNIPA dapat dikelola dan dijaga dengan baik untuk pengembangan olahraga dan pengembangan kewirausahaan mahasiswa, serta memberikan manfaat bagi masyarakat umum di daerah itu. 
 
"Prasarana olahraga berstandar nasional ini wajib dijaga dan dikelola dengan baik sebagai aset BMN yang sudah hadir untuk menjawab kebutuhan fasilitas olahraga terpusat di Manokwari ibukota Provinsi Papua Barat," ujar Gubernur. 
 
Selanjutnya Rektor UNIPA Meky Sagrim, menyambut baik penyerahan sport center yang dibangun oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Barat Kementerian PUPR.
 
"Teknis pengelolaan sport center akan dibahas secara internal untuk segera dianggarkan dalam DIPA-UNIPA tahun 2023," ujar Rektor Meky Sagrim. 
 
Ia mengatakan sport center ini dimanfaatkan untuk pengembangan potensi olahraga internal kampus, tapi juga terbuka untuk masyarakat umum dan klub-klub cabang olahraga yang fasilitasnya tersedia di sport center dengan tarif yang akan ditentukan.
 
"Selain menjadi prasarana olahraga Kampus, Sport center UNIPA juga terbuka untuk umum namun akan dikenakan tarif," ujar Sagrim.
 
Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Papua Barat, Marsudi, menyatakan sport center UNIPA 
 sebagai satu-satunya kampus yang memiliki fasilitas dan kurikulum pembinaan atlet untuk pengembangan prestasi olahraga nasional. 
 
Ia mengatakan fasilitas dan kawasan sport center Unipa akan menjadi ikon olahraga, tempat wisata, sekaligus tempat pembinaan olahraga prestasi untuk cabang olahraga atletik, sepak bola, tenis, basket, volley, dan softball yang dikelola oleh pihak Unipa. 
 
“Harapan kami, pihak Unipa dapat mengelola aset yang besar ini agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Papua Barat secara berkelanjutan,” kata Marsudi.
 
Ia juga melaporkan prasarana olahraga dan kewirausahaan Unipa dibangun di atas lahan seluas 7 hektar dengan fasilitas tribun, lintasan track atletik, lapangan sepak bola, tenis, basket, volley, dan softball.
 
"Sport Center UNIPA ini dibangun dengan anggaran sebesar Rp133 miliar melalui APBN tahun 2019-2021," ujarnya menambahkan. 
 

Pewarta: Hans Arnold Kapisa

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2022