Manokwari, (Antaranews Papua Barat)-Perjalanan rombongan peserta kegiatan Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dari Provinsi Sumatera Utara berlanjut ke Kota Sorong setelah melaksanakan sejumlah kegiatan di Manokwari.

Hari ini, pelajar SMA, SMK serta Sekolah Luar Biasa (SLB) dari tanah batak tersebut akan melakukan kunjungan ke Politeknik Kelauan dan Perikanan Sorong. Mereka akan menimba informasi tentang pendidikan dan pengelolaan sektor kelautan dan perikanan di daerah tersebut.

Kelautan dan perikanan merupakan salah satu sektor unggulan di Papua Barat. Sektor ini menjadi sumber mata pencarian masyarakat terutama di wilayah pesisir.

Pada Program BUMN hadir untuk negeri ini pelajar dari Sumatera Utara diajak untuk mengenali potensi tersebut. Di Papua Barat kegiatan ini dikoordinir oleh Bank Mandiri.

Selain di Politeknik, selama di Sorong mereka akan menjalani beberapa kegiatan lain.  Pada Kamis (9/8), selama   satu hari penuh mereka akan melaksanakan kegiatan bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Kegiatan ini dilaksankan untuk menanambkan jiwa, sikap patriotisme, jiwa korsa serta cinta tanah air. Serangkaian kegiatan disiapkan pada kebersamaan antara TNI dan pelajar tersebut.

Pada Jumat (10/8) peserta akan berkunjung ke rumah produksi abon gulung serta mengabiskan waktu sehari penuh di kampung adat yang telah ditunjuk. Kegiatan ini untuk memperkenalkan kekayaan sumber pangan masyarakat lokal serta adat yang dimiliki.

Pada Sabtu (11/8), peserta akan bergeser ke Raja Ampat. Mereka akan menikmati waktu selama tiga hari di kawasan taman wisata bahari Raja Ampat.

Dari Raja Ampat, peserta akan kembali ke Sorong untuk persiapan perjalanan ke kampung halaman mereka di Sumatera Utara. Penerbangan menuju Sumatera akan ditempuh melalui Bandar Udara Dominie Edward Osok Kota Sorong.(*)
 

Pewarta: Toyiban

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018