Wasior, (Antaranews Papua Barat)-  Chandra R. Wakumbuar, siswa kelas IV Sekolah Dasar (SD) Yayasan Pendidikan Kristen Wondiboi, Kabupaten Teluk Wondama akan mewakili Provinsi Papua Barat pada lomba bercerita tingkat nasional di Jakarta pada September 2018

Chandra merupakan juara pertama lomba bercerita tingkat Provinsi Papua Barat untuk kagetori SD/MI yang digelar pada  23 Juli lalu di Manokwari.

Cerita rakyat "Sombatoro" dan "Kisah Batu Api" berhasil mengantarnya pada posisi juara serta memperoleh tiket ke Jakarta. Ia akan berhadapan dengan juri nasional serta peserta dari 33 provinsi di Indonesia.

Sombatoro merupakan cerita rakyat asal Kampung Tandia dan Batu Api adalah cerita rakyat dari wilayah Naikere. Cerita rakyat ini menyimpan pesan dan nilai sosial tinggi bagi masyarakat adat setempat.

Pada lomba tingkat nasional di Jakarta nanti, dua cerita rakyat ini pun disiapkan untuk meluluhkan hati para juri.

“Ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat Teluk Wondama karena cerita rakyat kita bisa diperkenalkan kepada orang banyak. Semoga anak kita  ini bisa menjadi juara dan memperkenalkan secara baik cerita rakyat dari Wondama," kata Kepala Dinas Perpustakaan Teluk Wondama Eka Wosiri di Wasior, Rabu.

Selain juara, Eka berharap, cerita rakyat dari kampung pedalaman Wondama ini diketahui oleh halayak luas di seluruh penjuru nasional.

Menurutnya, prestasi yang diukir Chandra diharapkan memotivasi selurug pihak di Wondama agar lebih peduli terhadap cerita rakyat. Hal ini merupakan bagian dari kekayaan budaya Wondama serta budaya nasional.

Terkait hal ini, lanjut Eka, Dinas Perpustakaan akan menyelenggarakan lomba menulis cerita rakyat untuk umum guna memeriahkan hari ulang tahun Proklamasi Kemerdekaan RI.  Kegiatan ini digelar dalam rangka pelestarian cerita rakyat yang banyak dimiliki masyarakat adat Wondama.

"Tujuannya untuk lestarikan khasanah budaya daerah khususnya cerita rakyat agar tidak sampai punah dan juga untuk mengembangkan minat baca masyarakat," ujarnya.

Ia menambahkan, pada ajang yang sama ditingkat provinsi Wondama pun menyabet juara harapan II untuk kategori lomba perpustakaan tingkat sekolah yang diperoleh SMA Negeri 01 Wondama. Untuk lomba perpustakaan kampung, perpustakaan Atumasiri dari Kampung Kabou, Distrik Wondiboi mendapatkan juara harapan I.(*)

 

Pewarta: Zack T Bala

Editor : Key Tokan A


COPYRIGHT © ANTARA News Papua Barat 2018